Hobi online dapat duit? Klik di sini

Kamis, 02 Februari 2012

Makan Apa Sebelum Olahraga?

2



Sebagian orang percaya bahwa makan sesaat sebelum berolah raga dapat menimbulkan perasaan tak nyaman dan kram perut. Biasanya, kram perut terjadi, karena Anda mengkonsumsi makanan tinggi protein dan lemak, sebab bahan makanan jenis ini memerlukan waktu lama untuk dicerna. 

Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan ringan kaya karbohidrat (seperti roti bakar, kentang panggang, atau pasta dua atau tiga jam sebelum mulai berolah raga. 

Karbohidrat (zat tepung dan berbagai jenis gula) merupakan sumber energi terpenting bagi otot yang sedang bekerja. Tubuh hanya dapat menyimpan karbohidrat dalam jumlah terbatas di hati dan otot sebagai glikogen.  Setiap kali Anda berolah raga, cadangan glikogen Anda akan berkurang. Maka itu, sebaiknya jangan berolahraga dalam keadaan perut kosong

Sedangkan, setelah berolahraga, tingkat gizi makro tubuh berkurang dan syaraf otot membutuhkan penyegaran. Ini sebabkan makanan setelah olahraga merupakan makanan penting tiap hari untuk mereka yang ingin menambah berat tubuh. Selalu cobalah untuk makan dalam satu jam setelah olahraga untuk hasil optimal.

Dengan mengatur waktu asupan makanan dan minuman sesuai pola latihan, dan memilih diet seimbang tinggi karbohidrat, Anda dapat tetap aktif untuk waktu yang lebih lama, berolahraga lebih semangat, tidak mudah lelah, mengurangi risiko mengalami cedera, serta membuat tubuh lebih fit dan bugar.

Untuk menghindari kelelahan dan meningkatkan performa Anda saat berolahraga, sebaiknya Anda :
- Mengudap camilan kaya karbohidrat  kurang lebih 2 jam sebelum berolah raga—misalnya sereal, buah segar, buah kering, yoghurt buah, susu, roti gandum atau sandwich. 

- Mengganti cadangan glikogen dengan makanan tinggi karbohidrat setelah berolah raga (kira-kira 30-60 menit). Bisa langsung makan berat, seperti nasi, pasta, dan kentang, atau sekedar cemilan kaya karbohidrat seperti sereal sarapan pagi, pisang, roti, agar-agar, wafer sereal, jus, atau minuman berenergi. 

Share Ke Facebook

2 Response to Makan Apa Sebelum Olahraga?

Anonim
2 Februari 2012 pukul 07.17

Makan Apa Sebelum Olahraga?

jawabanya makan rumput pake caos dikit.

hhahaha

2 Februari 2012 pukul 18.22

pake nasiiiii

Posting Komentar